Entri Populer

Wujudkan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia

Selasa, 09 April 2013

Sebuah langkah dalam guna ikut berpartisipasi mendukung program
pemerintah dalam mewujudkan masyarakat indonesia menjadi Konsumen
Cerdas Paham Perlindungan Konsumen. Pada edukasi ini pemerintah hendak
mewujudkan masyarakat indonesia menjadi Konsumen Cerdas Paham
Perlindungan Konsumen, yaitu konsumen yang teliti, kritis, dan paham
akan hak dan kewajibannya sebagai konsumen yang baik dan bermoral.
Baca selengkapnya pada ulasan tentang Konsumen Cerdas Paham
Perlindungan Konsumen berikut ini.

Untuk mewujudkan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen bukanlah
merupakan hal yang terlalu sulit untuk kita lakukan pada diri kita
masing-masing. Ada beberapa hal sederhana setidaknya yang bisa menjadi
pegangan bagi kita semua untuk menjadi Konsumen Cerdas Paham
Perlindungan Konsumen. Brikut diantaranya adalah: Teliti sebelum
membeli, menegakkan haka dan kewajiban sebagai konsumen, memperhatikan
label, kartu manual garansi dan tanggal kadaluarsa, memastikan produk
yang hendak kita beli memenuhi standar mutu K3L, membeli barang yang
sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan, mempertahankan serta
meningkatkan tanggung jawab sosial sebagai konsumen, serta yang lebih
penting lagi mencintai produk dalam negeri kita sendiri.

Dengan mewujudkan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen ini pada
setiap diri kita masing-masing selaku konsumen, maka dengan sendirinya
akan terbangun sikap ketelitian dan hati-hati sebelum membeli. Hal ini
memang sangat dperlukan, mengingat banyaknya pelanggaran produk yang
beredar dipasaran yang tidak memenuhi standarisasi yang telah
ditetapkan oleh pemerintah sebagai produk yang layak pakai atau layak
konsumsi. Untuk itulah, sosialisasi pemerintah dalam mencerdaskan
masyarakat untuk menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
merupakan sebuah langkah yang memang harus digalakkan. Sehingga
masyarakat akan semakin sadar akan arti dan manfaat dari Konsumen
Cerdas Paham Perlindungan Konsumen ini.

Dalam mewujudkan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen ini,
secara garis besar pemerintah telah mengambil 2 langkah besar yaitu
pengawasan dan penegakan hukum. Namun tentu saja, kedua langkah besar
tersebut tidaklah akan berjalan dengan maksimal dan efektif jika tidak
adanya dukungan nyata dari mayarakat luas selaku konsumen. Dengan
menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen itu sendiri
setidaknya akan menimbulkan kesadaran kita tentang produk yang layak
pakai dan bahayanya mengkonsumsi produk tidak layak konsumsi. Oleh
karena itu, mendukung pemerintah dalam mewujudkan mayarakat indonesia
untuk menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen sudah
sepatutnya kita berlakukan, karena pada dasarnya ini semua untuk kita
masyarakat Indonesia.

Dalam hal pengawasan produk yang beredar saat ini, pemerintah telah
menemukan adanya banyak pelanggaran barang beredar dipasaran Tanah
Air, seperti berbagai produk yang tidak memenuhi standar SNI dan K3L.
Dan ini ditemukan dalam berbagai jenis produk baik itu berupa makanan,
perlengkapan/peralatan, tekstil dan sebagainya. Untuk itu, pengawasan
terhadap barang beredar ini memang harus digalakkan secara kontinyu.
Sehingga perlindungan terhadap konsumen bisa dilakukan secara
maksimal, efektif dan berkelanjutan. Disamping itu, pengawasan produk
beredar yang dilakukan pemerintah secara terus-menerus ini juga akan
menciptakan iklim usaha yang sehat di Tanah Air ini. Sebuah efek yang
luar biasa dengan manfaat yang luar bisa pula. Ayo wujudkan Konsumen
Cerdas Paham Perlindungan Konsumen di Indonesia.

Sources: http://go-bisnisonline.blogspot.com/2013/03/konsumen-cerdas-paham-perlindungan-konsumen.html

0 komentar:

Posting Komentar